Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama-nama Komponen Struktur Baja Yang Terbuat Dari Material Plat

Material plat baja yang berbentuk lembaran ada 2 macam. Yakni plat bordes dan plat hitam. Tapi, diantara 2 material tersebut yang paling cocok, dan memenuhi syarat untuk membuat komponen struktur baja adalah plat baja hitam.

Proses pabrikasi material plat baja untuk keperluan konstruksi bangunan

Pengertian dan jenis-jenis komponen

Komponen struktur baja artinya segala material dan bahan bangunan yang dibuat dengan cara manual  atau menggunakan alat modern digunakan untuk membangun suatu konstruksi baja yang kokoh. 

Secara global, material struktur baja terdiri dari 4 macam, yaitu:

Material baja profil

  1. Baut mur
  2. Angkur baja
  3. Cat

Salah satu material baja profil yang akan kita kupas tuntas disini adalah plat baja lembaran. Atau, sering disebut plat baja hitam.

Material plat baja memiliki peran yang sangat penting dalam pembuatan konstruksi baja. Bahkan, boleh disebut tanpa material plat konstruksi baja tidak sempurna. 

Maka dari itu, setiap membuat desain konstruksi baja, tidak boleh lupa membuat gambar detail material plat. Supaya komponen struktur baja benar-benar kokoh, dan sempurna.

Berikut nama-nama komponen struktur, maupun konstruksi baja yang terbuat dari material plat, yaitu:

1. Plat landas

Plat landas sering disingkat dengan plendes. Dan, dalam bahasa Inggris disebut Base Plate. Berfungsi untuk landasan dan tempat untuk memasang angkur baut. Sehingga tiang kolom baja, atau kuda-kuda menyatu dengan struktur bangunan yang terbuat dari beton. Seperti pondasi, balok, dan kolom beton.

Contoh pemasangan base plate rangka atap pipa galvanis

Material plat landas umumnya tebal 8; 10; 12; dan 16 mm. Namun demikian tidak menutup kemungkinan lebih dari itu. Sebab ada ketentun khusus untuk menentukan tebal material plat struktur baja.

2. Rib plendes

Sesuai namanya, komponen ini masih berkaitan dengan plat landas. Rib plendes berguna sebagai pengaku antara plat landas dengan kolom baja. Sehingga dengan adanya komponen ini, plat landas dan tiang kolom jadi menyatu dengan kokoh.

Tebal rib plendes boleh sama, atau kurang dari tebal base plate. Sementara bentuk komponen umumnya adalah segi tiga. Dan, jumlah rib pada setiap pledes ada 2 pilihan. Yakni 2 buah, atau 4 buah.

3. Rib kolom 

Oh iya teman-teman, rib dalam bahasa Inggris disebut Stiffners. Komponen struktur baja ini ada beberapa macam. Diantaranya rib plendes, rib kolom, rib baut dan rib kuda-kuda. 

Rib kolom adalah material plat baja yang berguna untuk pengaku tiang kolom. Karena memiliki fungsi yang spesifik. Maka ukuran plat dibuat sesuai dengan ukuran material kolom baja.

Penting diketahui, tiang kolom yang wajib menggunakan rib adalah yang terbuat dari material baja WF, HBeam, dan UNP. Selain 3 jenis material baja profil tersebut, tidak perlu. Karena, memang tidak memenuhi syarat.

4. Tutup kolom

Atau sering disebut Cover Plate. Adalah komponen paling atas sebuah kolom baja. Umumnya terbuat dari material yang sama dengan rib kolom. 

Cara menentukan ukuran tutup kolom sangat mudah. Yakni sama persis dengan material kolom. Misalnya kolom baja WF 200x100. Berarti ukuran tutup adalah 100x200 mm. Demikian pula, bila terbuat dari baja UNP 200x75. Maka, ukuran plat tutup adalah 75x200 mm.

5. Plat lekat

Komponen struktur baja yang paling banyak dan memiliki peran yang besar adalah plat lekat. Plat lekat sering disingkat dengan plekat. Dan, dalam bahasa Inggris disebut Clead Plate, atau End Plate.

Contoh pemasangan plat lekat pada balok baja WF

Peran komponen ini sangat penting, karena berfungsi sebagai media untuk memasang baut mur balok, kuda-kuda, konsol, regel, serta material konstruksi lain yang sengaja menggunakan sambungan mur baut.

7. Rib baut

Bentuk rib baut mirip dengan rib plendes. Hanya pemasangan dilakukan pada plat lekat. Dan, berfungsi sebagai pengaku antara plat lekat dengan balok, atau kuda-kuda.

Pada umumnya komponen struktur baja ini dipasang, apabila:

  • Material plat lekat terlalu tipis, dan/atau
  • Lebar plat lekat lebih dari 15 cm.
  • Tinggi material balok/kuda-kuda baja lebih dari 40 cm.

8. Plat buhul

Atau sering disebut plat simpul. Dan, dalam bahasa asing bernama Gussets Plate. Adalah plat baja lembaran yang dibentuk sedemikian rupa, agar bisa menghubungkan antara rangka batang siku.

Beda dengan komponen struktur baja yang lain. Material plat buhul yang ditemui pada rangka batang yang menyerupai cremona siku. Sehingga, boleh disebut memiliki fungsi khusus. Contoh plat buhul seperti gambar dibawah ini.

9. Plat isi

Plat isi dalam bahasa Jawa disebut Tahu-tahu. Disebut demikian, karena bentuk plat isi ini memang mirip seperti tahu. Yakni kotak.

Uniknya lagi, komponen struktur baja ini hanya digunakan pada rangka batang yang terbuat dari material besi siku double. Seperti kuda-kuda cremona, serta konstruksi tower air.

8. Plat sepatu

Dalam bahasa Inggris plat sepatu adalah Joint Plate. Sesuai nama komponen, berguna sebagai sepatu, atau dudukan untuk melakukan pemasangan: Gording, Regel, Iktan angin.

Ciri khas komponen ini antara lain:

  • Menggunakan material plat baja yang tipis
  • Ukuran plat sepatu kurang dari 100x200 mm
  • Wadah memasang baut ukuran kecil. Yakni dia.16 mm ke bawah.

10. Plat kopel sambung 

Berguna sebagai penguat sambungan material baja profil dengan sistem baut mur, atau dengan cara las full. Komponen ini paling banyak diterapkan pada balok baja WF, dan HBeam. Namun, demikian sering pula dilakukan pada material besi pipa, besi siku, UNP, dan CNP. 

Intinya, manfaat komponen struktur baja ini adalah untuk setiap material baja profil yang membutuhkan sambungan. Supaya sambungan sempurna, dan kokoh.

11. Plat tutup HCO

Sesuai nama komponen, material plat baja yang terakhir ditemui pada struktur baja adalah plat tutup HCO. HCO singkatan dari Honey Comb. Atau, lebih terkenal dengan baja Kastela.

Bagian yang diberi tutup pada material tersebut adalah Lubang HCO. Hal itu dilakukan untuk menambah kekuatan baja kastela. Supaya tidak lendut, dan puntir.

Material pengganti plat baja lembaran

Beberapa komponen struktur baja diatas, bisa diganti dengan strip plat besi. Antara lain untuk membuat: rib kolom, rib plendes, rib, baut dan tutup kolom. 

Namun demikian, cara menentukan dimensi material pengganti, tetap sama dengan material plat baja lembaran. Jadi, tujuan mengganti material bukan untuk mengurangi kualitas komponen struktur baja. Tapi, untuk efisiensi dan efektivitas.

Lebih jelas mengenai cara menentukan ukuran dan detail plat baja. Silahkan kontak kami melalui nomor: 085.74069.3839. Segala gambar baja akan kami buat untuk melengkapi proyek bangunan Anda,



Posting Komentar untuk "Nama-nama Komponen Struktur Baja Yang Terbuat Dari Material Plat"