Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Konstruksi Dak Baja Menurut Bahan Dan Lantai

Jenis-jenis dak secara umum antara lain dak beton, dak baja dan kayu. Dak baja terbagi lagi menjadi 2. Yaitu dak baja profil, dan dak baja ringan. Nah pembahasan kali ini tentu sesuai bidang yang kami kuasai. Yaitu konstruksi dak baja. 

Langkah-langkah pemasangan tiang kolom dan balok konstruksi dak baja di tepi danau

Namun, sebelum sampai ke topik utama. Alangkah baiknya mengetahui definisi konstruksi dak secara umum. Konstruksi dak adalah satu sistem rancang bangun yang bertujuan untuk menambah jumlah dan luas lantai pada sebuah bangunan secara vertikal. 

Konstruksi dak baja menurut jenis bahan

Hampir semua material baja profil ukuran besar. Seperti WF, HBeam, UNP, CNP, besi pipa dan holow. Layak digunakan untuk membuat dak. Asalkan pemakaian bahan-bahan tersebut tidak serampangan. Tapi, harus melalui analisa kekuatan momen.

Tapi, fakta yang terjadi. Apakah karena kurang pengalaman, atau takut resiko. Selama ini material yang digunakan untuk membuat dak hanya 2 macam saja. Yaitu:

1. Dak baja WF

Disebut dak baja WF bukan berarti semua bahan yang digunakan untuk membuat dak adalah material baja WF. Bukan bro!. Komponen konstruksi dak sangat banyak. Dan, WF adalah salah satunya. 

Tapi, harus diakui pula. Wf memang yang berukuran paling besar, dan paling panjanh diantara semua material yang terdapat pada konstruksi dak baja tersebut. Sebab berfungsi sebagai struktur utama. Yakni tiang, dan balok.

Terkait pemilihan ukuran material. Pada dasarnya semua baja WF cocok digunakan untuk membuat tiang kolom, dan balok dak. Misal WF 150, cocok untuk balok dak bentangan 3,0 meter. Sementara WF 200, adalah untuk bentang 4,0 meter. Demikian seterusnya. Makin besar dimensi material baja, maka semakin besar manfaat yang diperoleh.

Nah, aplikasi material baja WF pada konstruksi selalu diawali dengan sebuah perencanaan yang mapan. Oleh sebab itu membutuhkan gambar desain, serta gambar-gambar detail. Selanjutnya gambar kerja, ketika sudah mulai melakukan pengejaan.

2. Konstruksi dak baja ringan

Dak baja ringan sangat banyak digemari, karena sangat murah. Hal tersebut terbukti karena biaya beli bahan, upah kerja dan alat,  jauh dibawah dak baja yang lain. Misal soal biaya upah kerja. Pemasangan dak baja ringan dihitung dengan satuan meter persegi. Sementara dak baja WF sistem kiloan. 

Oleh sebab itu, sekalipun sebagai pendatang baru, material baja ringan adalah yang paling favorit. Bukan hanya untuk membuat dak. Tapi, termasuk bahan rangka atap, partisi, dan kanopi. Material baja ringan tetap berada pada urutan pertama.

Akan tetapi dibalik itu semua. Ditinjau dari segi kekuatan, konstruksi dak baja ringan kalah jauh. Maka dari itu, fungsi dak baja ringan terbatas. Yang jelas hanya bisa membuat dak 1 lantai. Lebih dari itu, tidak biaa. Alias tidak memenuhi syarat keamanan.

Konstruksi tiang kolom dan balok baja direncanakan untuk lantai beton

Jenis-jenis lantai dak baja

Lantai adalah elemen kedua yang wajib ada pada konstruksi dak. Sesuai dengan tujuan pemasangan dak, yakni untuk menambah luas lantai bangunan. Jadi, lantai yang dimaksud disini adalah yang berada diatas balok dak. Bukan lantai bawah.

Material lantai dak umumnya ada 3 macam. Secara urut, mulai dari yang paling populer adalah sebagai berikut:

1. Bordes plat

Keunggulan lantai yang terbuat dari plat bordes adalah:

  • Proses pengerjaan cepat, bersih, dan hasilnya rapih/bagus
  • Cocok digunakan untuk lantai 2; 3 ; 4.dan seterusnya
  • Biaya pasang lebih murah dibanding lantai cor.
  • Beban konstruksi dak baja jadi ringan. Sebab plat bordes yang digunakan untuk lantai maksimal tebal 4,5 mm.

Sedangkan kelemahan plat bordes hanya 1, yaitu hanya cocok digunakan pada konstruksi dak baja profil. Harap catat. Baja profil saja iya bro. Berarti untuk dak baja ringan tidak boleh. Karena jamin tidak kuat menahan beban plat bordes.

2. Cor beton

Kelebihan dak baja yang berikutnya adalah cocok pula menggunakan lantai beton bertulang. Jadi, lantai dak tidak harus merupakan material yang sama. Yaitu plat baja.

Namun demikian, perlu cermat ketika memilih lantai beton. Sebab material cor sangat berat. Maka, konstruksi dak juga harus Anda rancang se-kokoh mungkin. Supaya mampu menopang beban cor, serta beban berguna dak. 

Penyebab lantai beton sangat berat karena menggunakan besi tulangan, serta adukan semen, pasir dan kerikil yang terdapat pada beton. Sehingga bobot lantai beton mencapai 2.400 sampai 2.500 kg/m³. Anda bisa bayangkan besar tiang, dan balok baja yang harus memikul beban tersebut?.

Nah, akibat dari pada itu. Biaya pemasangan konstruksi dak baja dan lantai beton jadi tinggi. Lalu, kebanyakan akan lebih memilih lantai bordes. Kecuali untuk keperluan khusus. Semisal finishing lantai dak harus pakai keramik. Maka alas lantai keramik tersebut paling cocok adalah cor beton.

Sebagai perbandingan. Lantai bordes tebal 4,5 mm hanya 38,19 kg/m². Sementara berat lantai dak beton misalnya tebal 10 cm. Adalah sebesar:

= 2.400 kg : 10

= 240 kg/m².

Hampir 6x lipat bukan perbandingan berat antara lantai bordes dengan lantai beton?. Belum lagi dari segi biaya pasang. Intinya, plat bordes tetap yang terbaik untuk lantai pada konstruksi dak baja. Bahkan diantara segala jenis lantai bangunan.

3. Kayu

Jenis material kayu yang digunakan untuk lantai dak ada 2 macam. Yakni papan dan kayu lapis (triplek). Secara umum cara pemasangan kedua material alam ini pada dak baja adalah sama. Yakni pakai baut skrup.

Kelemahan lantai kayu adalah mudah lapuk, dimakan rayap, berjamur dan akhirnya maintenance tinggi. Beda dengan lantai bordes dan beton. Oleh sebab itu, penggunaan lantai kayu sangat jarang. Kecuali untuk kebutuhan yang sangat kecil. Misal membuat anak tangga.

Demikian ragam konstruksi dak baja menurut jenis bahan yang digunakan untuk struktur, dan lantai. Untuk mendapatkan informasi yang spesifik, Anda bisa menghubungi Kami melalui nomor telpon/WA: 0857.4069.3839.

Untuk kebutuhan gambar desain konstruksi dak, hingga hitung RAB dak bisa Anda percayakan kepada Gambar Baja. Berkualitas, dan berpengalaman. 


Posting Komentar untuk " Ragam Konstruksi Dak Baja Menurut Bahan Dan Lantai"