Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Detail Plat Landas Kolom Baja WF 250 Dan Perhitungan Tonase

Plat landas untuk kolom baja WF 250, letaknya berada di tapak paling bawah sebuah tiang kolom yang terbuat dari baja profil WF 250x125x6x9. Demikian ukuran lengkap baja WF 250.

Pengenalan dasar tentang jenis material dan ukuran plat landas untuk kolom baja WF 250

Tujuan pemasangan plat landas pada kolom baja yang menyerupai huruf H ini ada 2 macam. Pertama, sebagai landasan (tumpuan). Dengan demikian, kolom baja bisa tegak lurus. Memikul beban yang ada diatas. 

Kedua, sebagai sarana memasang angkur baut. Sehingga kolom baja tidak lepas dari landasan. Melainkan, menyatu secara kokoh dengan strutktur bangunan yang terbuat dari cor beton bertulang. 

Sampai disini diketahui, pemasangan angkur baut baja hanya dilakukan pada beton bertulang. Selain itu, tidak ada. Jadi, diketahui pula. Pemasangan plat landas kolom baja WF paling kuat (bagus) adalah diatas strutktur beton.

Standar ukuran plat landas baja WF 250

Material landasan : plat baja hitam/lembaran

  1. Tebal (T) = 10 mm
  2. Ukuran (L x P) = 200 x 300 mm

Selain plat landas, terdapat pula komponen pengaku antara tiang kolom WF dan plat landas. Pula, terbuat dari yang yang sama dengan plat landas. Hanya posisi dan bentuk komponen berada persis di tengah. Detail plat landas baja WF 250, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Gambar detail ukuran material untuk plat landas kolom WF 250 dan kolom WF 248

Mengingat pemasangan plat landas baja wajib, bersamaan dengan angkur baut. Maka, spek angkur yang pas untuk kolom baja WF ini adalah:

  1. Bahan : besi beton dia.16 mm
  2. Panjang (termasuk drat) : min. 60 cm
  3. Jumlah angkur per tiang kolom : 4 bh
  4. Jumlah mur angkur : @2 pcs
  5. Ukuran mur angkur : dia.5/8"

Mengacu pada standar ukuran lubang mur baut. Jarak minimal lubang angkur dari tepi plat landas WF 250 adalah:

= 1,5 x Diameter angkur

= 1,5 x 16 = 24 mm.

Namun, karena praktek di lapangan, ketentuan tersebut tidak biasa diterapkan. Mengingat pemasangan angkur baut berada di atas kolom beton. Kendala yang terjadi kalau angkur baut terlalu mepet tepi. Angkur baja tidak berada di tengah kolom beton. Alias, tabrakan dengan besi tulangan beton.

Maka, untuk mencegah hal tersebut jarak lubang angkur dari tepi plat landas harus dibuat lebih lebar. Yaitu 2x Diameter angkur, atau lebih. Sama dengan 32,0 mm. Atau, pembulatan menjadi 35,0 mm.

Menghitung tonase plat landas baja WF 250 dan angkur

Cara hitung berat plat landas. Setelah diketahui bahwa material yang digunakan adalah plat baja T=10 x 200 x 300 mm. Lakukan dengan cara berikut:

= 0,20 x 0,30 x 81,0 kg/m2

= 4,86 kg

Penting diketahui. 81,0 kg adalah berat satuan plat T=10 mm per meter persegi, yang diperoleh dari tabel baja. 

1. Perhitungan tonase berdasarkan Bjb

Cara kedua, menghitung berat material plat landas. Juga, dapat dilakukan tanpa tabel baja. Tapi, berdasarkan berat jenis (Bjb). Bjb baja adalah sebesar 7.850 kg/m3. 

Maka, rumus menghitung berat plat landas berdasarkan Bjb, adalah sebagai berikut:

= P x L x T x 7.850 kg

= 0,20 x 0,30 x 0,01 x 7.850

= 4,71 kg

Karena perhitungan berat plat landas, cara kedua lebih kecil. Sekitar 0,15 kg. Maka, yang menjadi acuan adalah cara pertama. Yakni berdasarkan tabel. Hal tersebut dimaksud agar ada spare untuk biaya over head.

2. Perhitungan berat angkur baja

Berat angkur untuk masing-masing plat landas baja WF 250,  hitung dengan rumus:

= P x Berat Satuan

= 0,6 x 1,58 kg

= 0,95 kg

Selanjutnya, karena kebutuhan angkur untuk plat landas baja WF 250 adalah 4 buah. Maka, berat total angkur baut adalah:

= 4 x 0,95 kg

= 3,80 kg

Dengan demikian berat total plat landas dan angkur baja WF 250 adalah:

= 4,86 + 3,80 kg

= 8,66 kg

Ketentuan material plat landas dan baut angkur

Sebagaimana diketahui dalam tabel baja resmi. Ada profil yang menyerupai baja WF 250, yaitu baja WF 248. Selisih ukuran kedua material adalah 2,0 mm saja. Sehingga, sering digunakan untuk tujuan yang sama pula. Misalnya kolom dak bentang 5,0 m. Atau, kuda-kuda bentang 23,0 meter.

Oleh sebab itu ukuran plat landas, serta baut angkur untuk baja WF 248, selalu dibuat mengacu pada plat landas, dan angkur baja WF 250. Proses ini mulai pada saat jasa arsitek membuat desain konstruksi, gambar.detai, dan dilanjut dengan gambar kerja baja.

Rincian pekerjaan dan anggaran

Karena proses pabrikasi serta pemasangan antara plat landas, dan angkur baja adalah berbeda. Maka, oleh palikator baja rincian anggaran biaya kedua pekerjaan tersebut harus dibuat berbeda.

Plat landas baja WF 250, dan WF 248 umumnya tetap dihitung dengan satuan kilogram. Sementara, satuan angkur baut ada 2 pilihan. Yakni kilogram dan buah/buah.

Contoh rincian pekerjaan sebagai berikut:

  • Pasang plat landas T=10 mm = 4,86 kg
  • Pasang angkur dia.16 x 600 mm = 3,80 kg

Penting diketahui, mengenai harga satuan kedua pekerjaan juga berbeda. Cara menghitung harga satuan bisa Anda baca dalam artikel yang terdapat dalam situs ini.

Atau, bisa menghubungi team gambar baja. Agar diberi pengarahan tentang hal tersebut. Artikel kali ini tidak membahas sampai pada harga satuan. Karena fokus pada gambar detail plat landas baja WF 250. Serta, ukuran angkur dan cara hitung tonase bahan.


Posting Komentar untuk "Detail Plat Landas Kolom Baja WF 250 Dan Perhitungan Tonase"