Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Standar Minimal Konstruksi Gudang Menggunakan Material Baja Seperti Ini

Sekalipun bentuk bangunan terlihat sangat sederhana. Tapi, soal kualitas konstruksi gudang tidak kalah dibanding bangunan gedung lainnya. Terutama, bila gudang tersebut pakai material baja. 

Konstruksi gudang bentangan kecil lengkap dengan dak baja

Jasa arsitek, dan jasa konstruksi tidak pernah membedakan kecil besanya bangunan. Atau, mewah tidaknya sebuah gedung. Bagi kami, mewakili teman-teman se-profesi. Semua bangunan sama-sama penting. Dan, harus dirancang dengan baik. Sesuai standar keamanan dan mutu. Sebuah gudang sederhana, minimal terdiri dari:

1. Tiang

Standar ukuran :

  • Tinggi standar = 4,0 dan 6,0 m
  • Jarak pasang antara tiang = 6,0 m
  • Jumlah angkur = 2; 4 dan 6 buah
  • Tebal plat landas = 6 - 16 mm

Contoh, membuat gudang bentang 12,0 meter. Material kolom minimal terbuat dari baja CNP 150x50x2,3 mm doubel. Gudang yang lebih besar, paling pas menggunakan: material WF, dan HBeam.

2  Kuda-kuda 

Jarak kuda-kuda untuk konstruksi gudang sederhana maksimal 6,0 m. Misal bentang 12,0 ke bawah. Baiknya pakai material baja CNP. Tepatnya CNP yang Anda gunakan untuk membuat tiang kolom. 

Namun untuk bentang lebih dari itu, paling pas menggunakan material baja WF. Misal untuk kuda-kuda bentang 20,0 meter. Pakai WF 200x100. Atau, WF 198x99. Bahan alternatif kuda-kuda adalah:

- Baja kastela

Material ini dibuat dengan cara rekayasa baja WF. Umumnya digunakan untuk membuat kuda-kuda bentang 30,0 meter, atau lebih. Jadi, untuk konstruksi gudang sederhana sangat jarang. Bahkan, tidak disarankan. Sebab relatif lebih mahal.

Sekalipun dipaksakan untuk kuda-kuda bentang kecil. Semisal bentangan 20,0 meter. Maka, material yang digunakan adalah baja WF 150. Dan, hasil akhirnya menjadi baja kastela 275x75.

Dibanding dengan kuda-kuda WF 200. Otomatis biaya membuat baja kastela 275 lebih mahal. Sebab proses pabrikasi baja kastela jauh lebih lama, dibanding pabrikasi kuda-kuda WF standar. 

- Rangka besi 

Kuda-kuda rangka besi umumnya diterapkan untuk gudang bentang 10,0 ke bawah. Bentuk kuda-kuda dibuat menyerupai rangka kanopi. Antara lain, terdiri dari batang atas, batang bawah, lalu rangka vertikal, dan diagonal.

Adapun material yang sering digunakan adalah:

  1. Besi holow 40x40
  2. Besi siku L 4x4
  3. Pipa dia. 2" dan 2,5"
  4. CNP 100x50x2,3 dan
  5. Besi beton dia.10 mm

Aplikasi material kuda-kuda ini tidak harus seragam. Tapi, bisa dilakukan dengan cara kombinasi. Misal antara besi CNP dan besi beton. Besi CNP berguna sebagai batang atas, dan bawah. Lalu, besi beton sebagai rangka vertikal, dan diagonal.

3. Gording

Jarak gording standar untuk konstruksi gudang adalah 1,20 hingga 1,30 meter. Dan, ideal menggunakan material baja CNP 100, atau CNP 125; lebar 50 mm, dan tebal 2,3 mm. 

Sementara itu, bila jarak kuda-kuda adalah 3,0 meter. Yang berarti panjang gording juga demikian. Maka, bahan alternatif gording bisa besi holow 40x60. Atau pakai baja CNP 75.

Dalam hal memilih material jenis dan ukuran material gording. Khususnya untuk gudang sederhana. Pertimbangan utama adalah:

  • Jarak pasang kuda-kuda
  • Jenis material atap 
  • Posisi (tinggi) atap
  • Konstruksi lain yang terpasang pada gording. Semisal gantungan lampu, atau kipas angin.

4. Ikatan angin

 Data umum:

  • Posisi pasang = berada diantara 2 buah kuda-kuda
  • Bahan = besi beton polos dia.10; 12; 16 dan 19 mm
  • Elemen pelengkap = plat sambung, baut mur, dan span skrup
  • Kegunaan = menahan gaya tarik yang terjadi pada rangka atap

Prioritas pemasangan ikatan angin konstruksi gudang sederhana, dilakukan untuk kuda-kuda yang berada di tepi. Kemudian kuda-kuda yang di tengah bangunan. Catatan khusus pemasangan ikatan angin adalah:

  • Jarak pasang antara ikatan maksimal 12,0 meter
  • Ikatan angin harus terpasang secara menyilang.
  • Jumlah ikatan angin pada 1 bidang atap minimal 2 buah
  • Ikatan angin harus terbuat dari material yang sejenis. 

5. Trekstang gording

Ketentuan dan syarat-syarat pemasangan:

  1. Pemasangan dilakukan pada gording
  2. Jarak pasang antara trekstang maksimal 2,0 m
  3. Material tresktang pakai besi beton dia.10, atau 12 mm polos.
  4. Pemasangan dilakukan sama seperti masang baut
  5. Komponen trekstang terdiri dari 4 buah mur
  6. Ukuran mur trekstang sama dengan material besi beton. Misal, trekstang terbuat dari besi beton 10 mm. Maka, mur trekstang pakai M10.

Penting diketahui, tidak hanya untuk konstruksi gudang. Ketentuan pemasangan trekstang sifatnya wajib. Artinya, berlaku untuk segala konstruksi atap. Tidak ada pengecualian, apakah atap rumah tinggal, pabrik, atau gedung yang lain. Semua harus mengikuti syarat-syarat tersebut.

Selain 5 jenis konstruksi gudang yang disebutkan. Sebenarnya masih ada elemen yang perlu dipasang pada rangka atap, yaitu:

a. Lis tepi gording

Sesuai namanya. Adalah berfungsi sebagai penghubung, sekaligus pengaku antara gording yang berada di tepi bangunan. Material yang digunakan umumnya adalah besi siku 40X40, atau siku 50x50.

Namun demikian, bila anggaran biaya tidak terbatas. Pakai besi CNP justru semakin bagus. Sebab fungsi list tepi gording jadi sama dengan lisplang. Sehingga konstruksi gudang jadi kelihatan mewah, dan gagah.

b. Rangka talang

Harus diakui tidak semua bangunan memiliki talang. Walau sebenarnya sangat penting. Yaitu untuk mencegah tempias. Sehingga dinding gudang tidak mudah berjamur. Serta, tiang kolom jadi awet (tidak karatan).

Oleh sebab itu, pemasangan talang sering menjadi opsi. Manakala anggaran masih tersedia. Atau, dalam keadaan mendesak. Misalnya, bangunan bersebelahan langsung dengan tanah orang lain.

Desain gudang yang berukuran besar

Khusus konstruksi gudang yang besar. Ada perlakukan khusus. Terutama saat menentukan material baja. Tidak boleh dengan cara asumsi, atau kira-kira. Tapi, sebaiknya melalui analisa kekuatan momen.

Tujuan analisa tersebut ada 2, yaitu agar:

  1. Material yang digunakan efisien, serta
  2. Konstruksi gudang benar-benar kokoh.

Dengan demikian desain konstruksi tidak asal-asalan. Melainkan, bisa di pertanggungjawabkan jangka panjang secara tertulis. Untuk tugas tersebut, boleh Anda percayakan kepada GAMBAR BAJA. Melalui nomor telpon: 0857.4069.3839


Posting Komentar untuk "Standar Minimal Konstruksi Gudang Menggunakan Material Baja Seperti Ini"