Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Angkur Baut Dan Plat Landas Untuk Kolom Pipa Besi Ukuran Besar [Part 1 of 2]

Komponen utama yang mampu membuat suatu konstruksi baja bisa berdiri kokoh adalah angkur baut, dan plat landas. 2 unsur ini selalu terpasang secara bersama-sama pada satu elemen konstruksi bangunan. Sebab memiliki fungsi yang saling berkaitan satu sama lain. 

tiang kolom yang terbuat dari material besi pipa diameter 60 cm

Ciri khas plat landas

Plat landas dalam istilah Bahasa Inggris disebut base plate. Untuk tiang kolom yang terbuat dari material pipa besi umumnya dibuat bulat. Mengikuti bentuk tiang kolom besi dan kolom cor yang berada di bawahnya. Sehingga kelihatan selasar dengan bentuk material pipa. 

Selain bentuk bulat, ciri khas plat landas pipa adalah dilengkapi dengan beberapa plat pengaku. Atau, sering disebut rib plendes. Atau, ada pula yang menyebut stiffner. Pemasangan komponen tersebut, seperti terlihat dalam video short ini. Silahkan tonton.

1. Contoh tiang kolom

Tiang kolom yang terbuat dari material besi pipa banyak digunakan untuk reklame pinggir jalan. Ukuran besi pipa sangat beragam. Yaitu tergantung besar kecilnya reklame. Dan tak jarang pula, pemasangan papan reklame hanya mengandalkan 1 buah tiang.

Hal yang sama juga terjadi pada konstruksi bangunan. Ketika pipa besi digunakan untuk kolom dak, tangga putar, maupun untuk tiang kanopi. Pemasangan selalu menggunakan angkur bau dan plat landas.

2. Detail plat landas dan cara hitung berat

Contoh gambar detail plat landas, untuk pipa ukuran besar seperti terlihat di bawah ini.

contoh gambar detail base plate dan angkur baut untuk kolom pipa besi ukuran besar

Keterangan gambar detail:

  • Dimensi tiang kolom = Pipa besi Ø16" (40 cm)
  • Tebal (t) / diameter plat landas = 12 mm / 60 cm
  • Rib plendes (stiffner) = plat bajanT=10 mm

Karena komponen plat landas dilengkapi dengan plat rib. Dengan material, dan ukuran yang berbeda. Maka, perhitungan berat material harus dilakukan sendiri-sendiri.

Cara hitung berat plat landas pipa, adalah dengan rumus:

= π x r² x t x Bjb

= 3,14 x 0,2² x 0,0012 x 7.850 kg

= 11,83 kg

Sementara plat rib, hitung dengan rumus:

= T x L x t x Jlh x Bjb

Pada gambar jelas terlihat jumlah (Jlh) plat rib adalah 8 buah. Masing-masing tinggi (T) = 250 mm, dan lebar (L)= (80 + 30) : 2. Sama dengan rata-rata 55 mm. Maka, diketahui berat total plat rib adalah:

= 0,25 x 0,055 x 0,01 x 8 x 7.850

= 8,64 kg

Jadi, total berat plat landas dan rib adalah:

= 11,83 + 8,64 kg

= 20,47 kg

3. Detail angkur dan perhitungan biaya

Sementara itu, masih berdasarkan gambar detail. Diketahui jumlah angkur baut adalah sebanyak 8 buah. Terbuat dari material besi beton Ø16 mm. Dan, panjang @40 cm.

Berat total angkur adalah:

= 0,40 x 8 x 1,58 kg

= 5,06 kg

Lalu, karena setiap angkur dilengkapi dengan mur ukuran 5/8". Dan, masing-masing sebanyak 2 buah.  Maka, rincian biaya pemasangan angkur adalah sebagai berikut:

  1. Angkur besi beton 16 x 400 mm = 5,06 kg
  2. Mur angkur Ø5/8 = 16 buah
  3. Drat ulit = 8 buah

Namun, ada pula yang menghitung biaya angkur secara lump sum. Artinya, hanya menghitung material angkur saja. Sementara drat ulir, dan mur dianggap include di dalam harga satuan. Contoh perhitungan biaya seperti berikut:

Angkur baut dia.16 mm x 40 mm = 8 buah x Rp 175.000,- = Rp 1.400.000,-

Disini jelas terlihat satuan yang digunakan adalah buah. Sementara, jika dibuat secara rinci. Maka, pemasangan material angkur menggunakan satuan kilogram, dan buah. Oleh sebab itu, bila masih pemula. Saya sarankan pakai metode yang pertama dulu. Supaya perhitungan biaya pemasangan angkur yang Anda buat akurat. 

Unsur lain yang berkaitan dengan plat landas dan angkur baut

Selain material yang digunakan untuk membuat landasan dan pengikat kolom baja. Sebenarnya masih ada unsur lain yang tidak kalah penting. Agar konstruksi baja kokoh, dan tahan karat. Yakni las, dan cat.

Pada pekerjaan angkur baut, dan plat landas las umumnya tidak pernah di hitung. Walaupun volume pekerjaan sebenarnya cukup signifikan. Misalnya, ketika mengelas plat landas pada kolom pipa Ø16". Panjang total pengelasan mencapai 1,26 meter.

Namun, karena sudah menjadi kebiasaan. Dan, dalam AHSP pun tidak pernah tercantum biaya las angkur, maupun plat landas. Maka, biaya tersebut umumnya sudah di masukkan dalam harga satuan material.

Lain dengan pekerjaan cat. Dalam BoQ baja item ini selalu muncul. Kalau tidak dalam satuan meter persegi. Pakai satuan kilogram. Yaitu berdasarkan tonase total konstruksi baja.

Demikian ulasan mengenai angkur dan plat landas pipa. Terkait bentuk alternatif, dan cara menentukan dimensi material plat landas, maupun rib. Dapat Anda baca pada artikel bagian kedua. Tetap di dalam blog ini.

Posting Komentar untuk "Angkur Baut Dan Plat Landas Untuk Kolom Pipa Besi Ukuran Besar [Part 1 of 2]"