Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Tentang Material Besi Stal Kotak Dan Kegunaan [Part 7 of 10]

Besi stal kotak, atau sering disebut dengan besi holow adalah salah satu material baja konstruksi yang memiliki bentuk profil kotak, dan bolong. Sehingga tergolong material paling unik diantara segala jenis material baja. Dan, banyak digunakan untuk bahan konstruksi bangunan, maupun pekerjaan non konstruksi.

pegnenalan dasr tentang material besi stal kotak atau besi holow, serta kegunaan

Ciri khas dan ragam bentuk profil, dan cara penulisan dimensi material besi stal kotak

Panjang batang normal material besi stal kotak adalah 6,0 meter. Dan, sepanjang batang terdapat lekukan yang membuat profil tersebut jauh dari kesan kaku, dan keras. Namun cenderung kelihatan minimalis, dan eksotis.

Oleh sebab itu, material ini lebih dominan digunakan sebagai bahan untuk pekerjaan arsitektural. Bukan untuk pekerjaan struktur. Layaknya material besi pipa, yang bisa digunakan untuk konstruksi atap bentang besar.

Ciri khas lainnya. Ditinjau dari segi bentuk penampang material. Besi stal kotak ada 2 macam, yaitu: 1]. Persegi panjang, 2]. Bujur sangkar. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

bentuk profil dan gambar detail material besi stal kotak

Dimensi material besi stal kotak selalu menggunakan satuan milimeter. Dan, terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

L = Lebar sisi atas dan bawah

T = Tinggi sisi kanan, dan kiri

Tb = Tebal bahan

Penulisan dimensi material yang benar adalah: L x T x Tb. Contoh: Stal kotak 20x40x1,2. Selalu dimulai dengan ukuran material sisi atas, dan bawah. Lalu andai kata, ternyata material besi stal kotak adalah berbentuk bujur sangkar. Maka, penulisan dimensi material seperti contoh berikut: 

Besi stal kotak 30x30x1,4 mm.

Angka paling depan pada material tersebut adalah lebar. Angka kedua, adalah tinggi profil, dan angka ketiga adalah tebal bahan. Jadi, sekalipun lebar dan tinggi material besi stal kotak sama. Tetap ditulis secara lengkap. Sesuai dengan ketentuan.

Cara hitung berat besi stal kotak

Cara tercepat mengetahui berat besi stal kotal adalah dari buku tabel baja. Buku tersebut bisa Anda peroleh dengan cara ofline, maupun online. Bahkan sudah banyak beredar di internet. Dalam bentuk artikel, serta e-book.

Namun demikian, bisa juga dilakukan dengan manual. Alias, menggunakan rumus khusus, yaitu:

= K x Tb x P x Bjb

K = Keliling penampang

Bjb = Berat jenis besi

P = Panjang material 

Contoh, sebuah material besi stal kotak 40x60x2 dengan panjang 4,0 meter. Berat dihitung dengan cara berikut:

= ((0,04 + 0,06) x 2) x 0,002 x 4,0 x 7.850

= 12,56 kg

Dengan demikian, diketahui berat per meter lari adalah:

= 12,56 : 4,0 m

= 3,14 kg

Kegunaan dan syarat menghitung biaya

Besi stal kotak pada konstruksi atap cocok untuk bahan usuk dan reng. Hal ini banyak diterapkan sebelum material baja ringan ada. Yakni sekitar tahun 2000 an. Tapi, dengan hadirnya baja ringan, material besi stal kotak tergeser. Karena baja ringan memang jauh hemat.

Selain, untuk bahan usuk dan reng. Besi stal kotak juga bagus untuk membuat kanopi, rangka pintu, rangka lisplang, cladding, reiling, serta pekerjaan-pekerjaan teraslis lainnya.

1. Sistem perhitungan biaya

Terkait cara menghitung biaya pemasangan material besi stal kotak. Jenis pekerjaan lebih dulu dibedakan. Apakah termasuk pekerjaan konstruksi, atau teralis. 

Bila, besi stal kotak digunakan untuk bahan lisplang. Maka, hal tersebut termasuk pekerjaan konstruksi bangunan. Sehingga perhitungan biaya dilakukan berdasarkan tonase (berat) material yang digunakan. Dan, perhitungan harga satuan dilakukan menurut standar AHSP konstruksi baja.

Akan tetapi, bila material stal kotak dipakai untuk rangka kanopi. Umumnya biaya pemasangan dihitung berdasarkan luas atap. Sehingga harga satuan pekerjaan dilakukan dengan memakai satuan meter persegi.

2. Cara mengidentifikasi pekerjaan

Jadi, ada 2 macam sistem perhitungan anggaran biaya pemasangan material besi stal kotak. Yaitu kiloan, dan meter persegi. 

Yang perlu di ingat dari penggunaan kedua sistem ini adalah jangan salah mengidentifikasi jenis pekerjaan. Supaya anggaran biaya tidak keliru.

Membedakan jenis pekerjaan asritektur, atau struktur sangat mudah. Yaitu berdasarkan tempat pemasangan material. Apakah pada rangka utama bangunan, atau sekedar elemen tambahan pada bangunan.

Jika, sekedar elemen tambahan. Berarti pekerjaan tersebut adalah termasuk kategori arsitektural. Contoh pagar, reiling dan sebagainya. 

Tapi, bila pemasangan material besi stal kotak bareng dengan konstruksi bangunan yang lain. Berarti hal itu termasuk pekerjaan struktur bangunan. Misal rangka cladding, dan lisplang.

Bukti material besi stal kotak multi fungsi

Walaupun material besi stal kotak condong sebagai bahan bangunan non struktural. Bukan berarti material ini tidak bisa digunakan sebagai bahan rangka konstruksi baja. Beberapa jasa konstruksi melirik material kotak ini untuk beberapa fungsi. Misalnya untuk membuat kolom dan kuda-kuda bangunan gudang.

Adapun Teknik pemasangan kolom, maupun kuda-kuda adalah dengan cara membuat material tersebut lebih dulu sebagai material baja profil gabungan. Jadi, bukan hanya mengandalkan batang tunggal. Layaknya material baja WF. Ketika digunakan untuk portal frame.

Sejauh ini, model demikian pernah kami terapkan untuk konstruksi Gudang bentang 20,0 meter. Ternyata hasilnya sangat bagus, hemat, dan jauh lebih kokoh dibanding baja ringan. 

Data perhitungan lebih lanjut, jika teman-teman menghendaki, silahkan kontak gambar baja melalui nomor 085.74069.3839. Pun, kami bisa menyediakan desain konstruksi dengan ukuran/bentang yang berbeda. Tetap terbuat dari material besi stal kotak. Atau, material baja profil yang lain.


Posting Komentar untuk "Pengenalan Tentang Material Besi Stal Kotak Dan Kegunaan [Part 7 of 10]"