Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Dasar Material Plat Baja Dan Kegunaan [Part 9 of 10]

Setelah terpasang sebagai bagian dari komponen konstruksi bangunan. Ukuran material plat baja memang tergolong sangat kecil, dibanding material baja yang lain. Padahal ukuran asli material tersebut sebelum di lakukan pabrikasi sangat lebar loh!. Dan, dalam hal fungsi, memegang peranan yang sangat besar. Mengapa demikian?. Jawaban selengkapnya dapat akan Anda peroleh dalam artikel ini. Baca sampai selesai iya!.

Pengenalan Dasar Material Plat Baja Dan Kegunaan

Melalui artikel bagian ke-9 ini, teman-teman juga akan memahami istilah-istilah lain yang berkaitan dengan material plat baja. Lalu, kegunaan, ragam jenis ukuran, serta cara menghitung berat, dan biaya pemasangan plat. 

Nama dan istilah lain tentang plat baja

Ada 2 istilah yang sering disematkan untuk material plat baja. Yaitu: 1]. Plat baja lembaran, dan 2]. Plat baja hitam. Sementara, menurut tabel baja yang kami punya. Dulu, material ini terkenal dengan sebutan platyzer. Yang diproduksi dengan cara Hot Rolled Steel Sheets

Tentang nama material. Bila ditinjau dari segi bentuk. Plat baja memang berbentuk lembaran yang sangat tebal, dan keras. Kemudian, ditinjau dari segi warna. Pun, material tersebut memang memiliki warna kehitam-hitaman.

Maka, sebutan diatas dimaksud untuk memberi gambaran tentang ciri khas material plat baja. Supaya, para pemula mudah membedakan antara plat yang terbuat dari material baja asli. Dengan material yang tidak terbuat dari baja.

Kegunaan material plat baja

Untuk konstruksi bangunan, plat baja digunakan untuk membuat plendes, plat lekat, stiffners, plat buhul, plat sambung, serta keperluan material baja rekayasa, dan konstruksi atap baja lainnya.

Pemasangan material tersebur dimaksud untuk merealisasikan sambungan baut mur pada baja konstruksi. Sehingga proses ereksen di lapangan kelak cepat selesai. Contoh pemasangan plat baja seperti terlihat pada gambar berikut. Material plat dipasang pada balok baja WF, sebagai media untuk melakukan sambungan mur baut.

contoh pemasangan plat baja pada balok WF

Pun, bisa juga berfungsi hanya sebagai pengaku. Sebagaimana diterapkan pada komponen plendes, dan plekat balok. Material plat baja dipasang dengan bentuk segitiga. Dan, sering disebut sebagai rib plendes, atau rib baut.

Ragam jenis ukuran, dan satuan

Menurut ukuran lembar, plat baja terdiri dari 5 macam, yaitu:

- Ukuran 3x8 Feet (91,5 x 183 cm)

- Ukuran 4x8 Feet (122 x 244 cm)

- Ukuran 5x20 Feet (152,5 x 610 cm)

- Ukuran 6x20 Feet (183 x 610 cm)

- Ukurab 7x20 Feet (213,5 x 610 cm)

3 jenis ukuran paling bawah terkenal dengan istilah Plat Kapal (Ship Plate). Karena kegunaan material secara umum adalah digunakan untuk konstruksi kapal. Tepatnya untuk membuat lambung kapal.

1. Ukuran standar 

Ketersediaan bahan, diantara 5 jenis material tersebut. Paling.dominan di pasaran, dan banyak digunakan untuk kebutuhan proyek bangunan adalah  ukuran 1.220 x 2.440 mm. 

Oleh sebab itu, ketika menghitung kebutuhan material plat baja, yang menjadi acuan adalah ukuran yang familiar tersebut. Supaya pembelian bahan tidak perlu melalui pesanan khusus ke produsen baja. Tapi, bisa dilakukan di toko/distributor.

Hal ini juga penting, untuk efisiensi material. Mengingat pengerjaan plat baja selalu di awali dengan proses pemotongan. Maka, berdasarkan ukuran standar tersebut, akan diketahui sisa (waste) bahan berapa. Dan, akan digunakan untuk apa. 

2. Tebal plat baja

Khusus material plat baja ukuran 3x6 Feet, ada 9 macam, yakni tebal: 0,35; 0,50; 0,60; 0,70; 0,8; 0,90; 1,0; 1,2; dan 1,4 mm. 

Sementara, yang paling banyak tersedia adalah plat baja ukuran 4x8 Feet. Yaitu mulai dari tebal: 0,50 mm hingga 50,0 mm. Seluruhnya, berjumlah 32 lebih. Oleh sebab itu, material plat baja ini lebih banyak digunakan untuk bahan konstruksi bangunan. Karena banyak pilihan. 

Adapun material yang sering digunakan untuk kebutuhan konstruksi adalah tebal: 6; 8; 10; 12; 16 dan 22 mm. 

Sementara itu, untuk keperluan pekerjaan arsitektur. Misalnya untuk membuat daun pintu besi. Material plat baja yang digunakan adalah tebal 1,2 hingga 2 mm. 

3. satuan material plat baja

Sampai disini mungkin teman-teman akan bertanya, tentang satuan material plat baja yang baku. Saya jawab tidak ada. Material plat baja memiliki banyak satuan. Seperti Anda lihat pada ukuran lembar. Satuan yang digunakan pada material ini pertama sekali adalah Feet (1 feet = 30,5 cm). Dan, sampai saat ini satuan tersebut masih digunakan. Hal tersebut dapat terlihat dalam buku tabel baja.

Sedangkan, mengenai tebal dan lebar material juga terbagi menjadi 2 macam. Yakni versi metrik (milimeter) dan inci. Oleh sebab itu, harus jeli memilih material yang hendak digunakan. Supaya tidak salah pakai, dan salah hitung.

Cara hitung berat material plat baja

Selain menggunakan tabel baja, Anda juga bisa menghitung berat material plat baja dengan cara manual. Perhitungan berat dilakukan dengan ketentuan berikut:

  • 3x6 feet = 13,13 kg/mm
  • 4x8 feet = 23,33 kg/mm
  • 5x20 feet = 72,92 kg/mm
  • 6x20 feet = 87,51 kg/mm
  • 7x20 feet = 102,0 kg/mm

Contoh, plat baja tebal 1,4 mm. Karena tersedia hanya dalam ukuran 3x6 feet. Berarti berat per lembar adalah:

= 13,13 x 1,4 mm

= 18,40 kg/lbr

Lalu, jika konversi menjadi meter persegi berarti:

= 18,40 : (91,5 x 183)

= 10,988 kg/m²

Contoh kedua. Menghitung berat plat baja tebal 6,0 mm. Dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni berdasarkan ketentuan diatas. Serta, berdasarakan Berat Jenis Baja (Bjb).

Cara #1:

= 23,33 x 6,0 mm

= 139,98 kg/lbr

Cara #2:

= 1,22 x 2,44 x 0,006 x 7.850 kg

= 140,21 kg/lbr

Walau hasil perhitungan tidak 100% sama persis, paling kedua rumus tersebut efektif membantu teman-teman, kala kesulitan mendapat tabel baja. Toh, selisih hitungan tidak jauh berbeda. Yaitu hanya 0,23 kg/lbr.

Cara hitung biaya pemasangan

Sebagaimana saya sebut sejak awal, bahwa material plat baja umumnya digunakan sebagai komponen pelengkap konstruksi bangunan. Sehingga pemasangannya berupa potongan-potongan kecil. Maka, biaya yang dihitung adalah sesuai ukuran yang terpasang tersebut.

Contoh plat landas untuk kolom WF 400. Ukuran (t)=14 x 250 x 450 mm. Di hitung berdasarkan tabel, berat plat landas adalah sebesar:

= 0,25 x 0,45 x 113,4 kg/m2

= 12,76 kg

Berarti pemakaian material plat baja, yang harus dimasukkan dalam anggaran adalah sebesar 12,76 kg. Sementara, jika terdapat sisa potongan material adalah dianggap waste. Syukur, kalau masih bisa dimanfaatkan. Untuk komponen konstruksi yang lain. Jadi, tidak sia-sia.

Peran gambar baja dalam hal ini adalah untuk memudahkan Anda melakukan perhitungan tonase, dan kebutuhan material plat. Minimal Anda memiliki gambar detail agar bisa melakukan perhitungan dengan tepat. Lebih sempurna lagi, adalah melakukan perhitungan tonase dan biaya pekerjaan berdasarkan gambar kerja. 

Posting Komentar untuk "Pengenalan Dasar Material Plat Baja Dan Kegunaan [Part 9 of 10]"