Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Dasar Tentang Material Strip Plat Besi Dan Kegunaan [Part 10 of 10]

Strip plat adalah satu-satunya material baja konstruksi yang tergolong paling ringan, dan  elastis. Hal itu disebabkan oleh besi strip plat memiliki bentuk menyerupai sebuah pita yang panjang. Sehingga mudah dibentuk menjadi sebuah lingkaran. Bahkan dibawah dengan cara di jinjing.

Namun, bukan hal tersebut membuat kita lalu anggap enteng dengan material ini. Sekali pun ringan dan elastis. Terbukti material strip plat besi memiliki peran penting dalam sebuah pekerjaan konstruksi baja. Sampai pada pekerjaan teralis, hingga perabot, dan perkakas rumah tangga.

Pengenalan Dasar Tentang Material Strip Plat Besi Dan Kegunaan pada bangunan

Sebelumnya, saya ucapkan terimakasih bagi teman-teman yang tengah membaca artikel hingga pada bagian yang ke-10 ini. Sama dengah ulasan sebelumnya. Topik utama yang perlu diketahui lebih dulu tentang plat strip adalah ciri-ciri, ragam ukuran, kegunaan, serta cara hitung berat dan biaya pemasangan. Semua hal tersebut akan kami sajikan disini. Silajkan baca sampai selesai.

Ciri khas, cara menulis dimensi, dan ragam ukuran

Selain berupa pita, ciri khas material strip plat besi adalah memiliki Panjang standar (P)= 4,0 dan 6,0 meter. Panjang 4,0 meter umumnya material yang berukuran tipis. Sementara panjang 6,0 adalah material yang tebal. Jadi, sengaja produsen mengeluarkan 2 macam varian besi strip plat. Sesuai dengan ketebalan bahan. Agar mudah dibawa, dan tidak bengkok.

Sedangkan mengenai tebal plat strip, umumnya ditulis dengan simbol t, atau Tb. Namun, dari 2 kode tersebut, saran saya lebih baik pakai simbol yang biasa. Yakni t. Adapun ragam tebal material plas strip adalah mulai dari 3; 4; 5; 6; 8; 9; 12; 16; dan 19 mm. seluruhnya ada 9 macam.

Sementara lebar (L) plat strip sangat bervariasi. Yaitu dari 16 sampai 100 mm. Lebar 16 mm hanya dimiliki oleh strip pat tebal 3 mm. Sedangkan, lebar 100 mm dimiliki oleh plat strip tebal 8; 9; 12; 16 dan 19 mm. Daftar ukuran dan berat satuan material plat strip. Silahkan Anda tonton pada video ini. 

1. Cara menulis dimensi plat strip yang benar

Penting diketahui, cara menulis dimensi material plat strip besi yang benar adalah: t x L x P

Contoh: Plat strip 3 x 30 x 4,0 m.

Angka paling depan adalah menjelaskan tentang tebal bahan. Dalam satuan milimeter. Lalu, angka kedua adalah lebar bahan. Juga, dengan satuan milimeter. Dan, angka ke-3 adalah panjang material. Umumnya di bubuhi dengan saruan meter.

Oh iya. Tentang penulisan nama material. Ada yang menulis dengan nama strip plat, atau plat strip. Dan, kadang ditulis "plat besi strip, atau.plat strip besi".

Pada prinsipnya tidak masalah. Sebab material yang dimaksud tetap sama. Sebab, seperti yang saya sebut di awal. Material baja yang menyerupai pita hanya satu. Yaitu material plat strip besi.

bentuk profil material besi plat strip dari depan

2. Detail ragam ukuran plat strip

Pat strip tebal 3 mm terdiri dari 5 macam, yakni lebar 16; 19; 25; 30; dan 38 mm. Sementara, strip plat T=4 mm, juga terdiri dari 5 macam. Yakni lebar 19; 25; 30; 38 dan 50 mm.

Material plat strip besi paling tebal adalah 19 mm. Terdiri dari 4 macam, yakni tebal 50; 65; 75 dan 100 mm. 

Lalu, diantara material yang paling banyak ragamnya adalah plat strip tebal 9 mm. Yakni terbagi menjadi 10 macam. Antara lain lebar 25; 30; 38; 50; 57; 65; 75; 100; 125 dan 150 mm.

Kegunaan material plat strip besi

Pada pekerjaan konstruksi baja, kegunaan material strip plat sama dengam plat baja hitam. Bahkan, boleh disebut sebagai alternatif. Supaya hemat. Namun, dengan adanya keterbatasan ukuran. Khususnya dalam hal lebar. Material plat strip besi lebih dominan digunakan untuk membuat: stiffners, rib plendes, rib baut, sepatu gording, dan sepatu cladding. 

Misal untuk bahan stiffners baja WF 150. Paling cocok digunakan material plat strip 6x38 mm. Selain lebih cepat proses pengerjaannya, biaya yang dibutuhkan untuk membuat stiffners juga jauh lebih murah.

Sebagai perbandingan tentang harga material. Besi strip plat jauh lebih murah dibanding material plat baja lembaran. Oleh sebab itu, saya sarankan tetap memilih strip plat. Toh, kualitas kedua material baja sama.

Lingkup pekerjaan arsitektur (interior dan eksterior), kegunaan material ini juga tidak kalah banyak. Antara lain untuk bahan gril tutup saluran, teralis pintu dan jendela, anak tangga putar, reiling, rak, meja/kursi, dan masih banyak lagi.

Bedanya dengan pekerjaan konstruksi baja. Material plat strip besi yang digunakan untuk pekerjaan arsitektur umumnya ukuran kecil. Yakni plat strip tebal 6 mm ke bawah. Dan, kebutuhan material jauh lebih sedikit.

Cara hitung berat dan biaya

Sama dengan material baja profil yang lain. Selain berdasarkan tabel. Berat material strip plat besi dapat dihitung dengan cara manual, yakni pakai rumus:

= t x L x P x Bjb

Conton, sebuah plat strip 8 x 50 x 3,5 m. Untuk menghitung berat material tersebut, semua satuan harus dijadikan dalam Meter. Hasil perhitungan seperti berikut:

= 0,008 x 0,05 x 3,5 x 7.850 kg

= 10,99 kg

Dengan demikian, diketahui berat material tersebut per meter lari adalah:

= 10,99 : 3,5 m

= 3,14 kg

Melalui contoh perhitungan ini, teman-teman dengan mudah mengetahui berat material strip plat besi. Jadi, tidak perlu mencari tabel baja kemana-mana.

Lagi pula, tabel baja plat strip kadang tidak lengkap. Artinya hanya mencantumkan ukuran material yang terbaru. Sementara ukuran-ukuran material lama, karena sudah jarang dipakai. Tidak lagi dicantumkan. Hal itu tentu membuat Anda kesulitan mengetahui berat material. 

Maka dari itu, solusi terbaik untuk segala situasi. Khususnya mengenai perhitungan berat material baja. Adalah pakai rumus. Alias, dengan cara manual. Anda hanya perlu membiasakan diri untuk menggunakan rumus. Lambat laun akan mahir, dan hafal. 

Peran gambar baja

Menghitung berat plat strip besi adalah berdasarkan jenis, dan panjang material yang digunakan untuk sebuah konstruksi. Semakin panjang material yang digunakan, otomatis material semakin berat. Demikian sebaliknya.

Namun demikian, untuk mengetahui letak pasang material secara akurat, serta panjang material yang akan dibutuhkan. Unsur yang paling dibutuhkan adalah gambar detail, dan gambar kerja.

Oleh sebab itu, bila teman-teman butuh jasa gambar desain konstruksi, gambar detail, maupun gambar kerja konstruksi baja. Silahkan kontak kami melalui nomor yang tertera dalam blog ini. 

Posting Komentar untuk "Pengenalan Dasar Tentang Material Strip Plat Besi Dan Kegunaan [Part 10 of 10]"