Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Dan Membaca Ukuran Material Baja Profil Yang Benar

Ada 11 macam material baja profil yang sering digunakan untuk konstruksi bangunan saat ini. Masing-masing material tersebut terbagi lagi menjadi beberapa macam ukuran. Sehingga, total keseluruhan mencapai ratusan. 

Daftar ukuran material baja

Oleh sebab itu dibuat satu standar, untuk memudahkan penggunaan material baja profil pada proyek bangunan. Terutama dalam penetapan struktur konstruksi, dan perhitungan tonase/volume pekerjaan. Agar tidak simpang siur, yaitu berdasarkan tabel baja.

Jenis-jenis baja profil dan cara membaca ukuran material

Antara lain:

1. Baja WF

Ukuran terkecil material baja ini adalah WF 100x50. Dan, terbesar adalah WF 588x300. Diantara ukuran terbesar dan terkecil, masih terdapat beberapa macam ukuran baja profil WF. Misalnya WF 150, WF 200, WF 250, WF 300 dan seterusnya.

Selain kelipatan 50 mm. Ukuran material baja WF ada pula yang rada unik. Antara lain WF 198, WF 248, WF 298, WF 346, dan 396. Selisih ukuran dengan material baja normal adalah 2 - 4 mm. Oleh sebab itu, beberapa praktisi konstruksi baja sering menyebut material ini  baja WF banci.

Sebenarnya ukuran lengkap material baja profil adalah: H x B t1 x t2

Seperti contoh berikut: 

WF 350x175x7x11

Keterangan material:

  • WF singkatan dari Wide Flange
  • Satuan ukuran = milimeter
  • 350 = tinggi profil baja (H)
  • 175 = lebar sayap (flange), atau disingkat dengan B
  • 7 = tebal badan (t1)
  • 11 = tebal sayap (t2)

Praktek di lapangan, sering kali penulisan material WF di singkat. Menjadi WF 350. Hal itu dilakukan karena ukuran material baja WF 350 hanya 1 macam. Yakni 350x175x7x11 mm. Beda dengan material baja profil CNP.

2. Baja H-Beam

Berdasarkan bentuk profil, baja H-Beam dan WF sangat mirip. Oleh sebab itu dimensi material H-Beam juga terdiri dari 4 macam. Yaitu menjelaskan tentang tinggi profil, lebar sayap, tebal badan dan tebal sayap. Contoh ukuran material yang lengkap adalah HB 200x200x8x13. 

HB adalah singkatan dari H-Beam, atau balok H. Disebut demikian karena baja profil ini menyerupai huruf H. Sementara itu, ketentuan mengenai dimensi material baja H-Beam adalah:

  1. Angka pertama dan kedua pada ukuran material selalu sama. Sebab tinggi profil dan lebar sayap baja H-beam selalu sama.
  2. Angka ketiga (tebal badan), selalu lebih kecil dari angka ke empat (tebal sayap)

Mengenai penulisan dimensi baja H-Beam juga sering disingkat, layaknya material baja WF. Misalnya, menjadi HB 200. Berarti material yang dimaksud adalah baja H-Beam ukuran 200x200x8x13 mm.

3. Baja CNP

Penulisan ukuran material baja CNP harus komplit, sebab selain berdasarkan tinggi dan lebar bahan, ragam jenis baja CNP juga dapat dibedakan berdasarkan tebal material. Misal CNP 150x50x20x2,3, dan CNP 150x65x20x3,0 mm.

Pada prinsipnya tinggi profil baja CNP adalah sama, yakni 150 mm. Namun, lebar bahan beda. Yaitu 50 dan 65 mm. Demikian pula tebal bahan. CNP pertama tebal 2,3 mm. Sedangkan CNP kedua adalah 3,0 mm. Oleh sebab itu, kegunaan dan berat satuan kedua material yang mirip huruf C ini pasti berbeda.

Terkait dimensi material baja profil CNP, ukuran yang sejenis bisa saja terbagi lagi menjadi beberapa macam. Yaitu menurut tebal bahan. Contoh baja CNP 125x50x20x2,3. Selain tebal 2,3 mm, material ini juga tersedia tebal 1,8;  2,0 mm; 2,6 dan 3,2 mm. 

Maka dari itu, menulis ukuran baja CNP tidak boleh singkat. Misal CNP 125. Tapi, harus komplit. Sebab ukuran yang disingkat itu belum bisa mewakili ukuran tertentu. Sebab varian ukuran material baja CNP sangat banyak. Dan, mirip.

4. Baja UNP

Cara membaca material baja UNP paling mudah. Sebab ukuran material ini terdiri dari 2 macam. Contoh UNP 120x60. Angka 120 maksudnya adalah tinggi baja UNP, dan 60 (mm) ialah lebar material. 

Adapun tebal baja UNP tidak perlu Anda  tulis secara lengkap. Karena varian ukuran material yang menyerupai huruf U ini hanya sedikit. Oleh sebab itu, penulisan dimensi material sering dilalkukan secara singkat. Misal UNP 80, UNP 100, dan seterusnya.

Bahkan, tidak hanya ukuran. Keterangan material UNP pun sering ditulis hanya dengan huruf U. Contoh baja U 120, U 150 dan sebagainya. Hal itu dilakukan karena material baja yang mirip dengan huruf U hanya 1 buah. Yakni baja profil UNP.

5. Besi Siku

Atau sering disingkat dengan baja L. Dibaca dengan mudah asalkan dimensi material tertulis dengan lengkap. Contoh penulisan material besi siku seperti berikut:

L 40x40x4

Keterangan:

  • Satuan ukuran = milimeter
  • Bentuk material = siku sama sisi
  • Angka 40 = tinggi/lebar material
  • Angka 4 = tebal besi siku

Sebaliknya, jika dimensi material besi siku tidak ditulis secara lengkap. Misalnya hanya L 50x5. Ukuran ini bisa menggambarkan 2 jenis besi siku, yaitu: 1]. Besi siku sama sisi, atau 2]. Besi siku tidak sama sisi. Oleh sebab itu, tidak bisa diputuskan dimensi material besi yang dimaksud adalah besi L 50x50x5. Atau, besi L 100x50x5. 

Dalam hal ini, saya tidak menganjurkan membaca ukuran material baja dengan tebak-tebakan. Tapi, pastikan dulu ukuran material sudah tertulis lengkap, dan akurat. Akurat artinya sesuai dengan tabel ukuran besi siku yang terdapat dalam tabel.

6. Besi pipa

Satu buah besi pipa terdiri dari 3 macam ukuran, yaitu:

  • Diameter luar (Outside Diamater/OD)
  • Diameter dalam (Inside Diameter/ID)
  • Tebal besi pipa

Akan tetapi, untuk mengetahui ukuran nyata material yang menyerupai tabung ini, Anda cukup membutuhkan 2 macam. Yaitu ukuran OD, dan tebal pipa. Atau, ID dan tebal pipa.

Kaitannya dengan dimensi material. Cara menulis ukuran material besi pipa yang lengkap seperti contoh berikut:

Pipa hitam Ø4"x4,5 mm

Keterangan:

  • Satuan ukuran material terdiri 2 macam, yaitu inci, dan milimeter
  • Pipa besi sering disebut pipa hitam, atau BSP (Black Steel Pipe). Sebab warna besi bulat berongga tersebut adalah hitam.
  • Angka 4" = diameter bagian dalam (ID)
  • Angka 4,5 = tebal besi pipa

Beberapa aplikator baja sering pula menulis dimensi material seperti berikut: Besi pipa 114 x 4,5 mm. Yang dimaksud 114 adalah Diameter Luar (OD) pipa. Dengan satuan milimeter. Oleh sebab itu, agar tidak salah membaca, harus paham dulu ragam jenis satuan, serta kode-kode ukuran.

7. Besi holow

Material besi ini sering juga disebut besi stal kotak. Karena bentuk penampang adalah kotak. Sementara kaitannya dengan holow. Adalah berasal dari kata Hole, atau lubang. Jadi, dari nama material diketahui selain berbentuk persegi, material ini juga memiliki lubang (rongga).

Cara menulis dimensi material besi holow ada 3, yaitu:

  1. Holow 40x60x2
  2. Stal kotak 60x80x3
  3. □20x40x1,2

Keterangan:

  • Kata 'holow' berarti material terbuat dari besi baja. Bukan alumunium, atau metal furing yang sering digunakan untuk rangka plafon, atau partisi
  • Besi holow (stal kotak) sering juga diwakili dengan sebuah tanda. Seperti terlihat pada contoh ukuran material nomor 3.
  • Cara menulis/membaca dimensi material di awali dengan: Lebar x Tinggi x Tebal bahan.  Lebar ≥ Tinggi.

Satuan ukuran material besi holow yang tersedia di pasaran umumnya milimeter. Namun, tabel baja menyediakan 2 macam. Yakni milimeter dan inci. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan material alangkah baiknya mengecek ketersediaan material besi holow dipasaran. Supaya tidak salah pilih ukuran, dan satuan.

8. Plat baja hitam

Berdasarkan ukuran per lembar, material plat baja hitam terdiri dari 4 macam, yakni ukuran:

  • 3x8 feet
  • 4x8 feet
  • 5x20 feet
  • 6x20 feet

Diantara 4 macam ukuran tersebut yang paling sering digunakan untuk keperluan konstruksi bangunan adalah ukuran 4x8 Feet (1.220 x 2.440 mm). Yaitu ukuran yang sama dengan material triplek, plat alumunium dan stainless.

Sementara itu, keterangan bahan pada gambar desain konstruksi. Plat baja sering ditulis dengan 2 cara berikut:

  1. Plat T= 6 mm
  2. Plat ╪ 6 mm

Kata plat disini otomatis merujuk pada material plat baja hitam, atau sering juga disebut plat baja lembaran. Walau sebenarnya plat baja terbagi 2 macam. Yakni plat baja hitam, dab plat baja bordes.

9. Plat bordes

Secara umum perbedaan plat bordes dengan plat baja hitam adalah dari segi tampilan permukaan material. Kedua permukaan plat baja hitam rata dan halus. Sementara plat baja bordes, salah satu permukaannya memiliki pola yang menonjol. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara membaca ukuran material plat bordes sangat mudah. Umumnya sama dengan plat baja biasa. Yaitu menggunakan kode T, atau □. Namun, nams material ditulis secara lengkap, di depan ukuran. Contoh: 

  • Plat bordes T=4,5 mm
  • Atau, Plat bordes ╪ 3,2 mm

10. Besi plat strip

Satuan ukuran besi strip plat, atau plat strip besi terdiri 2 macam. Yaitu milimeter dan inci. Adapun cara penulisan dimensi material yang benar adalah seperti berikut:

Plat strip T= 4 x 50 mm

Artinya tebal material yang menyerupai pita tersebut adalah 4,0 mm, dan lebar 50 mm. Sementara panjang material tidak perlu disebutkan, karena harus lebih dulu menyesuaikan kebutuhan bangunan. 

Bila, kebutuhan lapangan lebih dari 6,0 meter. Berarti material tersebut harus disambung dengan cara las, atau bisa juga dengan sistem baut mur. Jadi, pada prinsipnya kebutuhan material besi strip plat tidak terbatas. Hanya ukuran material harus tepat, dan sesuai dengan tabel baja. Agar mudah diperoleh di pasaran.

11. Besi beton

Besi beton ada 2 macam, yaitu ulir dan polos. Yang paling sering digunakan untuk konstruksi baja adalah material besi beton polos. Yaitu untuk membuat angkur, ikatan angin, trekstang, batang tarik (spanner), dan shear connector.

Cars menulis ukuran material besi beton polos paling paling benar adalah seperti contoh berikut:

Besi beton Ø 16 mm

Namun, ada pula yang menulis dengan cara berikut:

  1. Besi Dia.16 mm
  2. Besi 16 mm

2 cara ini kurang baik. Sebab material yang dimaksud belum tentu besi beton polos. Tapi, bisa saja material besi beton ulir. Oleh sebab itu, penulis dimensi material besi beton harus lengkap. Disertai nama material dan simbol ukuran. Dalam hal ini, simbol ukiran besi beton polos adalah ○/. Sementara besi beton ulir adalah huruf D.

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis material baja, cara penulisan ukuran yang benar, serta cara membaca keterangan pada ukuran material dengan tepat. Bila, rekan-rekan hendak memesan gambar baja, silahkan hubungi kami melalui nomor telpon/WA: 0857.4069.3839

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Dan Membaca Ukuran Material Baja Profil Yang Benar"