Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Dasar Tentang Material Besi Pipa Dan Kegunaan [Part 6 of 10]

Material besi pipa, atau sering juga disebut pipa hitam. Dan, dalam bahasa inggris disebut Black Steel Pipe (BSP). Adalah salah satu bahan bangunan multi fungsi. Karena pemakaiannya hampir ditemui pada setiap bangunan. Bukan saja sebagai bahan konstruksi, tapi bisa juga dipakai untuk bahan untuk membuat perabot, dan furnitur.

pengetahuan dasar tentang material besi pipa dan kegunaan

Namun kali ini  secara khusus yang menjadi pembahasan ini adalah tentang kegunaan besi pipa pada konstruksi bangunan. Beserta teknik dasar penggunaan. Yaitu mulai dari pengenalan ragam ukuran, perhitungan berat material, serta cara hitung biaya pemasangan.

Ciri khas besi pipa

Diantara sekian banyak  material baja profil, hanya 2 jenis yang memiliki rongga. Yakni besi pipa dan stal kotak. Uniknya,  kedua material ini juga memiliki fungsi yang sama. Sehingga sering digunakan secara bersamaan pada sebuah bangunan.

Namun demikian, ditinjau dari segi bentuk penampang material  besi pipa, dan besi stal kotak jauh beda. Besi pipa adalah bulat. Sementara, besi stal kotak adalah persegi.

Nah, jika kita kembangkan lagi. Dari sudut  pandang bentuk profil. Diantara material-material baja yang memiliki penampang bulat, juga hanya 2 macam. Yakni besi pipa dan besi beton.

Dimensi material dan rumus

Bentuk profil material besi pipa seperti terlihat pada gambar berikut. Lingkar luar disingkat dengan OD (Outside Diemeter). Sementara Lingkar dalam disebut ID (Inside Diameter). Serta, tebal pipa (t) adalah selisih antara OD dan ID.

gambar detail dan ukuran material besi pipa

Rumus-rumus yang terkait dengan profil besi pipa, antara lain:

OD = t + ID

t = OD - ID

ID = OD - t

Maksudnya apa?. Begini teman-teman. Ketika Anda mengetahui diameter luar, dan diameter dalam sebuah material besi pipa. Maka, dengan sendirinya Anda bisa mengetahui tebal pipa.

Demikian juga, ketika tebal dan diameter dalam saja yang Anda ketahui. Maka, Anda juga dengan mudah akan mengetahui diameter luar besi pipa. Yakni menggunakan 3 jenis rumus diatas.

Ragam ukuran besi pipa

Besi pipa terkecil saat ini, dan masih sering digunakan sebagai bahan bangunan yaitu ukuran Ø1/2". Dipakai untuk bahan railing tangga, pagar, dan teralis lainnya. 

Kemudian, ukuran terbesar yang pernah saya pakai adalah Ø20". Yaitu untuk membuat konstruksi Sky Walk Menara Pandang Tele, Samosir, Sumatera Utara.

Diantara ukuran terkecil, dan yang terbesar tersebut terdapat beragam jenis ukuran material besi pipa. Sebut saja, Ø1"; 1,5"; 2"; 2,5"; 3" dan seterusnya.

Sementara itu, tebal besi pipa pun bervariasi. Makin besar diameter pipa, maka akan semakin tebal. Demikian sebaliknya. Besi pipa yang berukuran kecil, akan semakin semakin tipis. 

Cara hitung berat dan volume

Tabel baja yang berisi material besi pipa, telah menyediakan ragam jenis ukuran dan berat masing-masing besi pipa. Namun, kebanyakan dalam satuan batang. Sesuai dengan panjang standar besi pipa. Yakni 6,0 meter.

Jadi, berdasarkan tabel tersebut teman-teman bisa mengetahui seluruh berat material besi pipa. Baik dalam satuan meter lari. Caranya seperti berikut. Misal besi pipa Ø4" x 4,5 mm. Diketahui dari tabel beratnya adalah 73,2 kg. Berarti berat per meter lari adalah:

= 73,2 : 6,0 m

= 12,2 kg

1. Cara manual hitung berat besi pipa

Misal material besi pipa yang Anda miliki berasal dari luar negeri. Dan, dimensi material itu tidak tersedia dalam tabel baja Indonesia. 

Berarti, untuk mengetahui berat material tersebut, harus melalui hitung manual. Caranya adalah dengan rumus:

= π x D x t x P x Bjb

Vi = koefisien lingkaran (= 3,14)

D = diameter besi pipa

t = tebal

P = panjang

Bjb = berat jenis material besi (= 7.850 kg)

Contoh. Sebuah besi pipa dia.12" x 6 mm, panjang 3,5 m. Berat total adalah:

= 3,14 x 0,3 x 0,006 x 3,5 x 7.850

= 155,29 kg

Berarti berat material tersebut per meter lari adalah:

= 155,29 : 3,5 m

= 44,37 kg

2. Rumus menghitung volume besi pipa

Berdasarkan contoh tadi. Cara menghitung volume (isi) material besi pipa adalah dengan rumus:

= π x r² x P

= 3,14 x 0,15² x 3,5 m

= 0,247 m³

Dengan demikian, diketahui volume material tersebut per meter lari adalah:

= 0,247 : 3,5 m

= 0,071 m³

Dan, per batang adalah:

= 0,071 x 6,0 m

= 0,426 m³

3. Cara menghitung luas selimut

Kemudian, pada saat proses mengecat material besi pipa. Tentu, Anda harus menghitung luas selimut (permukaan) material. Agar tahu jumlah cat yang dibutuhkan.

Rumus yang tepat untuk perhitungan tersebut adalah:

= π x D x P

Untuk melakukan perhitungan. Disini kita pakai contoh yang sama. Yakni besi pipa Ø12" x 6 mm. Yaitu:

= 3,14 x 0,30 x 3,5 m

= 3,297 m²

Kegunaan dan biaya pasang besi pipa

Fungsi material besi pipa pada bangunan dapat di golongkan menjadi 2 bagian, yakni sebagai material untuk pekerjaan arsitektural. Misalnya bahan pagar, reiling, anak tangga monyet, dan tiang untuk tangga putar. Serta, bisa juga digunakan untuk membuat rangka pintu besi, dan kanopi.

Fungsi kedua, adalah bahan untuk pekerjaan struktur bangunan. Antara lain membuat tiang kolom, rangka kuda-kuda lengkung, gording, dan spanner (batang tarik) konsol.

Biaya pasang besi pipa untuk pekerjaan struktur selalu dihitung berdasarkan berat material yang terpasang. Yaitu menggunakan satuan kilogram. Sama dengan pekerjaan konstruksi lainnya. Misal, ketika membuat konstruksi gudang.

Oleh sebab itu, perlu gambar detail konstruksi pipa yang lengkap. Guna memudahkan proses penghitungan kebutuhan bahan, serta tonase pipa. Untuk di masukkan dalam BoQ.

Kesimpulan

Manfaat pertama yang diperoleh, setelah memahami material besi pipa adalah untuk memudahkan proses:

  1. Pembuatan gambar desain, detail, dan gambar kerja konstruksk besi pipa
  2. Perhitungan anggaran biaya, dan
  3. Pelaksanaan pekerjaan pabrikasi, maupun pemasangan (ereksen)

3 hal ini adalah syarat utama agar konstruksi bangunan berkualitas bagus. Disamping kelengkapan gambar, anggaran biaya pun harus tepat. Begitu pula dalam hal pelaksanaan pekerjaan. Semua harus berjalan beriringan, dan saling melengkapi.

Oleh sebab itu, misi blog ini pertama sekali adalah memberi pemahaman sejelas-jelasnya tentang material baja profil. Supaya dapat digunakan sebagai bahan bangunan, sesuai dengan fungsi yang sebenarnya.


Posting Komentar untuk "Pengenalan Dasar Tentang Material Besi Pipa Dan Kegunaan [Part 6 of 10]"