Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Dan Menghitung Ukuran Material Plat Rib Untuk Baja Profil WF [Part 1 of 2]

Sebelum melakukan fabrikasi, salah satu unsur penting yang harus dipersiapkan adalah gambar kerja (shop drawing) baja. Dokumen ini berisi gambar konstruksi baja, berikut nama-nama material yang digunakan, serta ukuran dan bentuk komponen konstruksi. Nah, salah satu komponen yang diperlukan disana adalah plat rib baja.  

Cara Termudah Menentukan Dan Menghitung Ukuran Material Plat Rib Untuk Baja Profil WF

Sebagaimana kami jelaskan sebelumnya pada blog ini. Pemasangan plat rib dapat dibedakan menurut jenis material struktur baja. Yakni terhadap baja profil WF, dan H-Beam. Kali ini yang menjadi pembahasan pertama adalah terhadap baja WF. Artikel berikutnya, kami akan membahas pemasangan plat rib pada baja profil H-beam.

Cara menentukan ukuran material plat rib baja WF

Ada 2 macam ukuran material plat rib yang harus Anda tentukan sebelum membuat gambar kerja konstruksi baja. Antara lain: 1]. Tebal plat baja yang hendak digunakan, dan 2]. Ukuran plat baja yang hendak dipotong untuk membuat rib. 

Selain berdasarkan perhitungan struktur baja, kedua ukuran material plat rib dapat dilakukan dengan cara manual. Alias, berdasarkan pengalaman. Dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Fungsi rib terjamin sesuai dengan yang diharapkan. Yakni untuk mencegah lendut, tekuk, atau puntir.

1. Cara menentukan tebal plat rib

Sebelumnya, penting ketahui dimensi material baja ditulis dengan kode: H x B x t1 x t2. Aplikasi kode material ini seperti berikut. Semisal plat rib hendak dipasang pada balok terbuat dari baja WF 250x125x6x9. Nah, rumus untuk menentukan tebal rib adalah ≥ t1. t1 pada baja WF 250 adalah 6 mm. Berarti material rib yang memenuhi syarat adalah plat baja T=6 mm, atau lebih. 

Contoh kedua. Misal kuda-kuda baja kastela 525. Hendak dipasang sejumlah plat rib. Maka, pertama sekali yang harus Anda cari adalah material asli baja kastela 525 terbuat dari WF berapa?. Tahu caranya?. Belum?. Seperti berikut.

Rumus menentukan ukuran baja kastela adalah: 1,5 x H. Nah, untuk mengetahui material asli baja kastela adalah dengan rumus: 

= 525 : 1,5 

= 350

Jadi, material yang digunakan untuk membuat baja kastela 525 adalah WF 350. Ukuran selengkapnya baja profil ini adalah WF 350x175x7x11. Dengan demikian telah diketahui pula, tebal material rib yang diperkenankan untuk balok baja WF 350 adalah 7 mm. Akan tetapi, karena plat baja T=7 mm sangat langka, maka sebaiknya menggunakan plat baja 8 mm.

2. Rumus perhitungan ukuran rib plat

Perhatikan gambar plat rib baja WF dibawah ini. Dimensi material plat yang harus Anda tentukan untuk gambar kerja ada 3 macam. Sekaligus rumus untuk menentukan ukuran plat rib, sebagai berikut:

  • Lebar plat rib (b) = (B – t1) : 2
  • Panjang (h) = H - (t2 x 2)
  • Dan ukuran serong = 2x t2

gambar detail ukuran plat baja untuk rib balok WF

Contoh kuda-kuda menggunakan material baja WF 300x150x6,5x9. Maka lebar plat rib adalah:

= (300 – 6,5) : 2

= 143,5 : 2

= 71,75 mm

Angka ini sebaiknya genapkan menjadi 72 mm. Toh, ketika material plat baja dipotong dengan nyala api (blender potong besi), ukuran material akan berkurang. Sebab melebur bersama nyala api. Yakni antara 3 – 5 mm. Dengan demikan, ukuran akhir plat rib bisa mendekati perhitungan.

Sementara itu, panjang plat rib adalah:

= 300 - (9 x 2)

= 300 – 18

= 282 mm

Dengan demikian ukuran normal pat rib baja WF 300 adalah 72 x282 mm. Akan tetapi, mengingat adanya tekukan profil baja WF disingkat dengan r (jari-jari). Maka pada saat pabriksi, ukuran tersebut harus Anda kurangi lagi ukuran serong. Pengurangan harus dilakukan secara sejajar, yakni pada sudut bagian atas dan bawah.

Ukuran serong plat rib baja WF 300 adalah:

= 2 x 9 mm

= 18 mm

Maka diketahui lebar bersih plat rib adalah:

= 72 – 18

= 54 mm

Sedangkan tinggi plat rib pada sisi yang Anda serong adalah:

= 282 – 18 – 18

= 246 mm

Cara menghitung berat plat rib

Walau plat rib memiliki 2 buah serongan pada salah satu sisi. Yang mengakibatkan luas plat rib berkurang. Namun acuan untuk menghitung berat material tetap ukuran normal. Yakni 72 x282 mm. Hal itu dimaskud untuk memberi over head pada jasa konstruksi. Mengingat pekerjaan konstruksi baja tidak pernah bebas dari waste.

Dalam hal ini, semisal rib baja WF 300 terbuat dari plat baja T=8 mm. Maka berat rib adalah sebesar:

= 0,072 x 0,282 x 64,93 kg

= 1,31 kg

Demikian cara menentukan dan menghitung ukuran plat rib yang benar, untuk material baja profil baja WF. Bila mana Anda membutuhkan jasa arsitek untuk merancang kontruksi baja, lengkap dengan perhitungan biaya. Serta gambar kerja untuk pelaksanaan fabrikasi dan ereksen baja. Silahkan hubungi kami melalui nomor: 0857.4069.3839.

Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Dan Menghitung Ukuran Material Plat Rib Untuk Baja Profil WF [Part 1 of 2]"