Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Pasang Plat Rib Baja Yang Terbaik Dan Kegunaan

Plat rib baja, atau disebut juga stiffner adalah salah satu komponen struktur baja yang berguna untuk ekstra pengaku pada balok, maupun tiang kolom yang terbuat dari material baja profil WF dan H-beam. Sehingga dengan adanya pemasangan komponen tersebut, balok maupun kolom jadi kuat dan kokoh.

Pada gambar struktur dak baja berikut, terlihat jelas pemasangan plat rib. Silahkan perhatikan. Ada 2 letak pasang plat rib di dalam gambar. Pertama, pada balok. Dan yang kedua, pada kolom WF. Sudah ketemu bukan?

Letak Pemasangan Plat Rib Baja Yang Terbaik

Material plat rib yang tepat dan alternatifnya

Sesuai nama komponen, material yang paling tepat digunakan untuk bahan rib adalah plat baja hitam, yang berbentuk lembaran. Material ini dipotong-potong sesuai ukuran yang diperlukan, layaknya memotong tempe atau tahu

Namun, ada pula yang menggunakan plat baja strip. Material yang menyerupai pita tersebut terkenal sangat cocok untuk bahan rib. Karena proses pengerjaan praktis, cepat, dan hemat biaya. Tapi, tidak semua plat strip bisa dipakai untuk membuat rib. Jumlahnya bisa dihitung dengan jari.

Alternatif kedua adalah memanfaatkan sisa potongan baja profil WF, dan H-beam. Dengan pertimbangan supaya memiliki nilai jual lebih. Namun demikian, plat rib yang terbuat dari material baja sisa juga memiliki kelemahan. Yakni dalam hal ketersediaan bahan. Sehingga kebutuhan rib dikhawatirkan tidak terpenuhi. Sehingga harus tetap menggunakan plat baja hitam.

Dalam hal ini, pembuatan rib balok dan kolom baja paling bijak adalah menggunakan plat baja hitam, tambah (jika ada) plat strip dan material WF/H-beam sisa. Dengan demikian biaya pemasangan rib jadi hemat.

Pemasangan plat rib yang wajib pada struktur

Dapat dibedakan menurut fungsi struktur, yaitu:

A. Pada balok utama 

Pemasangan rib dilakukan tegak lurus pada balok baja. Tempatnya berada diujung voute balok baja. Jadi, setiap pemasangan voute wajib dilengkapi dengan 1 buah plat rib. Kegunaannya adalah untuk mencegah keseimbangan balok baja ketika memikul beban dak.

Ada kalanya pada bagian tengah balok juga harus dipasang rib. Umumnya pada balok bentang 6,0 meter, atau lebih. Fungsi rib ini berbeda dengan rib yang berada di tepi. Yaitu untuk memastikan balok baja tidak puntir.

Sebagaimana kita tahu, beban tekan yang paling besar harus diterima sebuah balok adalah berada di tengah bentangan. Maka dari itu, supaya kekuatan balok baja terjamin, Anda harus memasang rib minimal 2 buah di tengah balok.

B. Pada kuda-kuda baja

Kasus yang sama dengan balok adalah pemasangan rib pada kuda-kuda baja WF, atau baja kastela. Fungsi rib pada struktur atap ini relatif sama. Yakni untuk menambah kekuatan material baja. Sehingga kuda-kuda tidak lendut, ketika menerima beban atap.

Akan tetapi ditinjau dari segi jumlah, serta letak pemasangan. Rib kuda-kuda umumnya lebih banyak. Hal itu disebabkan oleh bentangan bangunan. Sehingga mempengaruhi sudut kemiringan, serta panjang kuda-kuda. 

Maka dari itu, dipastikan untuk material yang sama. Misalnya baja profil WF 200. Ketika digunakan sebagai balok utama, paling banter untuk bentang 5,0 meter. Sementara, bila digunakan sebagai kuda-kuda mampu sampai dengan bentang 20,0 meter. Jauh sekali bukan perbedaannya?. 

Oleh sebab itu selain rib tepi, pemasangan rib tengah pada batang kuda-kuda juga wajib. Dengan ketentuan semakin panjang batang kuda-kuda, maka pemasangan plat rib juda makin banyak. Contoh, kuda-kuda baja WF 200 tadi. Minimal jumlah rib 4 buah.

C. Pada tiang kolom baja

Fungs8 rib pada tiang kolom baja sedikit berbeda dengan 2 jenis struktur baja sebelumnya. Rib kolom berguna untuk mencegah tekuk. Akibat beban tekan yang berasal dari balok dak, dan/atau kuda-kuda.

Namun demikian, bukan berarti material plat rib untuk kolom baja berbeda. Tetap sama. Hanya letak pemasangannya berbeda. Yakni pada setiap titik sambung kolom dengan balok, atau kolom dengan kuda-kuda.

Adapun jumlah rib pada setiap titik sambung tersebut adalah 2, atau 3 buah. 2 buah rib digunakan bila balok dak terbuat dari baja WF 300, atau lebih kecil. Namun, bila ternyata balok dak terbuat dari baja WF 350 atau lebih,  maka jumlah rib pada titik sambung tersebut sebaiknya 3 buah.

Pengertian satuan buah pada saat pemasangan plat rib

Perhatikan gambar penampang material baja diatas. Baja WF dan H-beam memiliki 2 buah sisi. Yakni sebelah kanan dan kiri. Nah, pemasangan plat rib wajib bolak-balik. Alias pada kedua sisi baja profil tersebut.

Kaitannya dengan satuan jumlah plat rib. Disebut 1 buah berarti 1 pasang. Kecuali pada gambar detail, atau gambar kerja baja menyebutkan bahwa pemasangan rib hanya 1 sisi. Berarti pabrikasi plat rib baja tidak pasang-pasangan.

Demikian penjelasan mengenai letak pemasangan rib baja, berikut kegunaan, serta ketentuan tentang jumlah pasang. 2 topik yang masih berkaitan dengan yang Anda baca saat ini, telah kami sediakan dalam bog ini. Silahkan Anda baca, agar tidak ketinggalan. Yakni tentang cara menentukan ukuran material plat rib.

Posting Komentar untuk "Letak Pasang Plat Rib Baja Yang Terbaik Dan Kegunaan"